Senin, 07 Oktober 2024

:
:
Usai Penetapan Nomor Urut, Ini yang Disampaikan Cabup dan Cawabup Jember 2024
Politik Jember
Usai Penetapan Nomor Urut, Ini yang Disampaikan Cabup dan Cawabup Jember 2024

JEMBER, Radarjember.net - KPU Jember telah menetapkan nomor urut untuk paslon cabup/cawabup Pilbup Jember, di Auditorium Universitas dr Soebandi Jember, Senin (23/9) malam. Nomor 1 pasangan petahana, Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Sementara, nomor 2 pasangan penantang, Muhammad Fawait dan Djoko Susanto.

Sesuai tahapan dan jadwal pilkada serentak tahun 2024, masa kampanye paslon dimulai hari ini, Rabu (25/9) hingga 23 November mendatang. Adu gagasan, program, aksi strategi, hingga beragam cara lainnya akan mewarnai selama masa kampanye. Permainan kedua paslon pun dimulai. Game On.

Visi dan misi kedua paslon sudah diumumkan masing-masing tim pemenangan. KPU Jember juga sudah mengumumkan visi dan misi keduanya, beberapa hari lalu. Visi dan misi itu diharapkan menjadi pemikat hati 1,9 juta pemilih Jember untuk memilih bupati dan wakil bupati periode 2024-2029.

Saat pengundian dan penetapan nomor urut pada Senin (23/9) lalu, kedua paslon diberikan kesempatan menyampaikan orasi singkat. Sesuai nomor urut yang diundi, kedua paslon berorasi bergantian.

Paslon nomor 1, Hendy dan Gus Firjaun, mengawali orasinya. Hendy menyampaikan permohonan kepada warga Jember untuk melanjutkan duet jilid keduanya bareng Gus Firjaun. Masyarakat Jember, katanya, adalah masyarakat yang luar biasa.

Selama 3,5 tahun memimpin, dirinya menyebut masyarakat Jember luar biasa. “Izinkan saya bersama Gus Firjaun, kesetiaan ini untuk melanjutkan sekali lagi,” ujarnya.

Pria yang kini menjadi “kader banteng” itu membawakan orasinya dengan mengutip pernyataan Bung Karno, yang cukup terkenal perihal perjuangan.

“Bung Karno pernah berkata, jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu-membahu mewujudkannya. Kami percaya bahwa alam semesta senantiasa merespons niat baik dengan kebaikan, yang tentunya berlipat ganda,” katanya.

Tak mau ketinggalan, Gus Firjaun menambahi orasi Hendy dengan nada santunnya, yang mengutip salah satu kalam terkenal, yakni fastabiqul khoirot atau bermakna berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Dan sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Namanya paling itu adalah nomor?” kata Gus Firjaun, yang mengulangi pertanyaan yang sama hingga tiga kali. Lalu, pendukungnya kompak menjawabnya dengan menyebut nomor satu.

Setelah petahana, podium diambil alih oleh paslon penantang nomor 2, Fawait dan Djoko. Meski mengawali dengan melantunkan salawat Nabi, Fawait berorasi dengan karakternya yang berapi-api. Dia juga mengutip ucapan Bung Karno, mengenai peran 10 pemuda yang akan mengguncangkan dunia.

“Kalau beliau (Bung Karno, Red) dikasih sepuluh pemuda, akan diubah dunia ini. Maka untuk Jember, cukup satu pemuda yang akan mengubah Jember lebih baik lagi. Takbir,” ujar Fawait, diikuti sorak-sorai pendukungnya.

Halaman

1   2  

Bagikan ke:

Berita Terkait