Minggu, 06 Oktober 2024

:
:
Road to Jember Basketball League (JBL) 2024 Radar Jember, Intip Persiapan Para Peserta
Olahraga Jember
Road to Jember Basketball League (JBL) 2024 Radar Jember, Intip Persiapan Para Peserta

JEMBER, Radarjember.net - Basketball League (JBL) 2024 Radar Jember bakal digelar lima hari lagi. Ada puluhan peserta mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA yang terdiri dari tim putra dan putri. Tak hanya peserta dari Jember saja, sejumlah sekolah luar kota seperti Banyuwangi, Bondowoso dan Lumajang juga ikut berpartisipasi. Terjauh berasal dari SMAN 19 Surabaya.

Diketahui, JBL 2024 Radar Jember akan dilaksanakan mulai 6 sampai dengan 13 Oktober mendatang, di GOR PKPSO, Kaliwates, Jember. Puluhan laga akan tersaji dengan penuh ambisi dan gengsi. Beragam persiapan pun sudah dilakukan para peserta. Mulai berlatih fisik, game, teknik hingga strategi. Bahkan, beberapa tim juga menggelar uji coba dan ikut turnamen basket lainnya.

Ketua Tim Basket Putri SMAN 19 Surabaya, Atika Mutiara Sukma, menyampaikan, timnya mengikuti JBL 2024 di Jember untuk mendapatkan pengalaman baru, bertemu dan bertanding dengan tim dari sekolah lain di Jatim. Meski sebelumnya mereka juga sering mengikuti kejuaraan basket di berbagai daerah. Menghadapi JBL 2024, timnya meningkatkan intensitas latihan. “Kami berusaha untuk menampilkan yang terbaik saja,” tuturnya.

Kapten Tim Basket SMAK Santo Paulus Jember, Stefanus Gunawan, menyampaikan, meski sekolahnya juga mengadakan turnamen bola basket dalam waktu dekat, namun tim dari sekolahnya juga ikut JBL 2024. Mereka menganggap event ini bergengsi. “JBL salah satu event basket terbesar di Jember. Jadi, kami mencari pengalaman baru untuk adik kelas,” katanya.

Di jenjang SMP, Kapten Tim Putri SMPN 1 Jember, Keysha Vania Salvia Sulistyo mengatakan, JBL dijadikan sebagai ajang untuk menguji kemampuan tim yang mereka miliki. Namun event yang digagas Jawa Pos Radar Jember ini, merupakan event basket besar di Jember sehingga harus diikuti dengan baik. “Hampir tiap hari kami latihan. Jadi optimis untuk menghadapi tim lain,” tegasnya.

Sementara itu, guru SD Muhammadiyah 1 Jember, Mahfud Irsyadi menerangkan, usai menerima informasi pendaftaran JBL 2024, pihaknya langsung mendaftarkan timnya secara langsung di kantor Jawa Pos Radar Jember, Jalan A Yani, Kelurahan Kepatihan. Dia mengaku sengaja mengikutkan tim basket sekolah mereka untuk memberikan pengalaman bertanding kepada anak didiknya. Sehingga jiwa kompetisi yang sportif juga terbangun. “JBL ajang yang tepat untuk menyalurkan bakat,” tuturnya.

Sebagai informasi, sebelum laga di lapangan itu dimulai, para peserta diwajibkan mengikuti technical meeting (TM) JBL 2024 Radar Jember yang akan dilaksanakan hari ini (1/10) di Universitas Terbuka (UT) Jember. Tak hanya membahas mengenai aturan pertandingan saja, saat TM juga akan dilakukan drawing tim, untuk menentukan grup peserta. (ham/kin)

Bagikan ke:

Berita Terkait