Minggu, 06 Oktober 2024

:
:
Rusa Tutul, Satwa yang Terancam Punah Jadi Icon Jember Mini Zoo
Jember
Rusa Tutul, Satwa yang Terancam Punah Jadi Icon Jember Mini Zoo

JEMBER, Radarjember.net - Tidak banyak hewan yang dilindungi ada di Jember. Sebagian besar hewan yang berada di kawasan konservasi maupun kebun binatang seperti Jember Mini Zoo merupakan hewan titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Sehingga kepemilikannya adalah milik negara dan merupakan titipan negara.

Seperti satwa dilindungi yang berada di Jember Mini Zoo. Terdapat 40 hewan atau satwa dilindungi. “Ada 40 hewan. Saat ini Jember Mini Zoo berupaya untuk melakukan pelebaran kawasan dan menambah ragam hewan,” ujar Kurator Zoo, Teuku Abdul Hafidz Anwar.

Dia menyebut, semua hewan itu merupakan titipan dari BKSDA. Seperti rusa tutul, kura-kura sulcata Afrika, biawak Papua, musang bulan Asia Timur dan Asia Tenggara. Selain itu ada blue iguana, ular albino, burung hantu, kalkun, hewan reptil, monyet, binturong, berang-berang, dan lainnya. 

“Kalau di sini, rusa tutul jadi ikon. Selain sebagai satwa yang dilindungi, rusa itu cukup bersahabat,” kata Hafidz.

Rusa tutul atau rusa totol, dalam bahasa Hindi disebut Chital. Sementara nama ilmiah Axis axis merupakan spesies rusa yang berasal dari anak benua India.

Dia menjelaskan, populasi rusa tutul makin mengkhawatirkan. Sebab di alam bebas, rusa tutul banyak diburu. Hal itu menyebabkan rusa tutul masuk sebagai satwa yang dilindungi.

Oleh karena itu, upaya konservasi seperti perlindungan dan penangkaran perlu dilakukan. Tentunya, hal itu juga harus sesuai dengan kehidupan hewan tersebut. (mgm1/mgm3/kin)

 

FOTO-FOTO: HILMY, NURY/RADAR JEMBER

DILINDUNGI: Rusa tutul di Jember Mini Zoo. Hewan yang dilindungi ini memiliki warna tubuh coklat kemerahan dengan bintik putih menjadi identitas visual yang khas.

 

Bagikan ke:

Berita Terkait