Minggu, 06 Oktober 2024

:
:
Jalan Sudah Mulus di Arjasa Jember, Kini Tak Ada Lagi yang Tanam Pisang di Jalan
Pemerintahan
Jalan Sudah Mulus di Arjasa Jember, Kini Tak Ada Lagi yang Tanam Pisang di Jalan

KEPATIHAN, Radar Jember - Harapan warga Jember menikmati jalan yang mulus akhirnya terwujud. Hal itu menjadi wujud kerja nyata dan kepedulian Bupati Jember Hendy Siswanto dalam menyelesaikan masalah infrastruktur jalan yang sudah bertahun-tahun rusak. Meski tak membutuhkan waktu singkat, Bupati Hendy berkomitmen sejak pertama masa pemerintahannya hingga tahun 2023 pembangunan infrastruktur jalan sudah mencapai 90 persen. Artinya, keseluruhan ruas jalan di Jember sudah sangat layak dilalui.

Sebelumnya, pada tahun 2022 banyak warga Jember yang protes terkait rusaknya ruas jalan di beberapa desa. Hingga jalan yang kondisinya berlubang ditanami pohon pisang. Salah satunya oleh warga Dusun Kopang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa. Tepatnya pada 2 November 2022, ratusan warga tersebut melakukan aksi protes dengan menanam pohon pisang di jalan utama sepanjang 1.700 meter yang menjadi akses perekonomian warga desa.

Tokoh masyarakat desa setempat, Haji Muhamad Tiknan, mengungkapkan, mewakili warga Desa Kamal pihaknya sangat berterima kasih atas perhatian Bupati Hendy terhadap ruas jalan yang dulu sempat hancur. Saat ini, jalan yang dulu ditanami pohon pisang lantaran rusak kondisinya sudah mulus tanpa lubang sedikit pun. “Warga sini sangat senang ketika ada pembangunan beberapa waktu lalu. Saat ini jalan sudah mulus dan akses perekonomian, khususnya dalam sektor pertanian, sangat lancar. Tidak ada penurunan seperti waktu rusak dulu,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Jember.

Tak hanya itu, aksi menanam pohon pisang di jalan berlubang juga dilakukan oleh warga Dusun Sumberejo, Desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan. Tak cukup dengan pohon pisang, untuk meluapkan bentuk protesnya, warga setempat juga menanam padi di ruas jalan Dusun Sumberejo, Desa Glundengan. Namun, tak butuh waktu lama jalan yang berada di area persawahan itu langsung mendapat perhatian dan dilakukan perbaikan secara masif untuk memperlancar akses perekonomian masyarakat.

Di lain pihak, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Jember Rahman Anda menyebutkan, megaproyek multiyears Bupati Hendy memang cukup menjadi perhatian. Sehingga, segala bentuk kerusakan jalan milik kabupaten bakal segera ditangani. “Salah satunya di desa-desa yang sempat melakukan aksi protes. Ini adalah bentuk kerja nyata dan kepedulian Bupati Hendy kepada warganya,” pungkasnya. (qal/c2/nur)

 

Bagikan ke:

Berita Terkait