Senin, 07 Oktober 2024

:
:
Hiu Tutul yang Terdampar di Puger Jember Dikubur, Ini Lokasinya
Hiu Tutul yang Terdampar di Puger Jember Dikubur, Ini Lokasinya

JEMBER, Radarjember.net - Hiu tutul yang terdampar dan mati di pinggir pantai Desa Mojosari, Kecamatan Puger, sejak Sabtu (21/9/2024) malam akhirnya dievakuasi. Evakuasi bangkai hiu itu baru bisa dilakukan pada Senin (23/9) pagi.

Sejak Minggu pagi hingga sore banyak orang yang mengabadikan bangkai hiu tutul itu, baik memfoto atau memvideo.

Sebelumnya, hiu itu akan dikubur hari Minggu. Namun, kondisi laut sedang pasang dan ombak cukup besar. Saat itu, kemudian diputuskan untuk dikubur Senin.

Hiu tutul dengan panjang 7 meter itu dievakuasi dengan alat berat. Selanjutnya dikubur di kawasan pantai dengan sejumlah alasan.

Di antaranya, agar tidak ada bau bangka di lokasi sekitar, karena hiu ditemukan dalam keadaan mati. Kemudian, mamalia laut itu termasuk hewan yang dilindungi. Proses penguburan itu ditonton sejumlah warga.

Hiu dengan berat lebih dari satu ton itu diangkat menggunakan alat berat jenis ekskavator milik Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Jember. Sebelum diangkat, kuburan ukuran jumbo sepanjang tujuh meter pun disiapkan.

Proses penguburan bangkai hiu tutul itu butuh waktu sekitar 45 menit, setelah alat berat tiba di lokasi.

Saat proses penguburan, petugas dari DPUBMSDA Jember, Camat Puger Subagiyo, KBO Satpolair Polres Jember Aiptu Agus Riyanto, pegawai dari Dinas Perikanan Jember, BPBD Jember, relawan Brandal Alas, dan relawan Barat Daya juga menyaksikannya. 

Camat Puger Subagiyo menjelaskan, hiu tutul itu dikubur sesuai rencana sebelumnya. “Penguburan baru dilakukan Senin (23/9). Sebelumnya sudah koordinasi dengan sejumlah pihak,” katanya.

Sementara itu, KBO Satpolair Polres Jember Aiptu Agus Riyanto mengatakan, sejak hiu itu ditemukan, pihaknya melakukan pengamanan dengan menjaganya. Itu dilakukan karena satwa tersebut dilindungi.

Alhamdulillah, sejak terdampar di pinggir pantai, tidak ada organ tubuh hiu yang hilang. Hanya saja, karena selama dua hari, sudah mengeluarkan bau. Itu karena terendam air laut dan kepanasan,” jelas Agus. (jum/kin)

 

JUMAI/RADAR JEMBER
PROSES PENGUBURAN: Alat berat milik DPUBMSDA Jember mengangkat hiu tutul untuk dikubur di pinggir Pantai Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Senin (23/9/2024).

Bagikan ke:

Berita Terkait