Senin, 07 Oktober 2024

:
:
Hasil Pengundian Nomor Urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember 2024
Politik Jember
Hasil Pengundian Nomor Urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember 2024

JEMBER, Radarjember.net - Pertarungan memperebutkan 1,9 juta hati warga Jember yang memiliki hak pilih resmi dimulai. Pengundian nomor urut calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Jember pun berlangsung seru, Senin (23/9) malam.

Sorak sorai dan nyanyian yel-yel dari parpol pengusung dan pendukung, relawan dan simpatisan kedua cabup-cawabup menggema di dalam Auditorium Universitas dr Soebandi, Patrang, Jember.

Tak hanya master of ceremony saja yang meminta agar para pendukung tenang. Ketua KPU Jember Dessi Anggraeni pun harus mengulang salam hingga tiga kali. Hasil pengundian itu, pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman mendapat nomor urut 1. Sedangkan pasangan Muhammad Fawait dan Djoko Susanto dapat nomor 2.

Penetapan nomor urut paslon ini menjadi salah satu momen yang paling dinanti-nanti. Baik oleh paslon, parpol pengusung dan pendukung, maupun relawan serta simpatisan masing-masing kubu.

Sebelum pengundian nomor urut itu, KPU Jember telah menetapkan status dua paslon di hari sebelumnya, Minggu (22/9). Dari bacabup-bacawabup menjadi cabup-cawabup. Dessi menjelaskan, penetapan paslon didasarkan setelah kedua paslon lolos uji publik dan dianggap layak serta telah memenuhi semua persyaratan yang ada. 

“Kita sudah melakukan rapat pleno tertutup dan telah menetapkan dua paslon tersebut sebagai cabup-cawabup yang akan berkontestasi di Pilbup Jember, tanggal 27 November mendatang,” jelasnya.

Sementara tadi malam, rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut cabup-cawabup Jember berlangsung. Tak hanya mengambil nomor urut saja, kedua paslon juga memaparkan visi dan misinya.

Sebagaimana tahapan yang ada, setelah setiap paslon memperoleh nomor urut itu, berikutnya akan masuk tahap kampanye. Masa itu dimulai pada Rabu, 25 September, sampai 23 November 2024. Sementara pemungutan suara rencananya akan dilakukan pada 27 November 2024. (mau/kin/nur)

 

Foto: YULIO FA/RADAR JEMBER 

Keterangan Foto: Pasangan Hendy-Firjaun dan pasangan Fawait-Djoko sama-sama menunjukkan nomor pencalonan bupati dan wakil bupati, seusai pengundian nomor urut di Auditorium Universitas dr Soebandi, Kecamatan Patrang, Senin (23/9) malam.

Bagikan ke:

Berita Terkait