Senin, 16 September 2024

:
:
Gelar Turnamen Catur, Percasi Jember Tergetkan Peningkatan Prestasi
Olahraga Jember
Gelar Turnamen Catur, Percasi Jember Tergetkan Peningkatan Prestasi

JEMBER, Radarjember.net - Geliat olahraga di Jember makin terlihat. Setelah sepak bola, tenis lapangan dan arung jeram, kini giliran catur. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jember pun menggelar turnamen di Jember Town Square, Sabtu (1/6/2024).

Turnamen ini diikuti oleh ratusan peserta dari Jember dan luar Jember. Mulai dari kelompok umur (KU) 13 tahun dan 17 tahun sampai kelompok senior. “KU-13 diikuti 54 peserta, KU-17 diikuti 14 peserta dan kelompok senior ada 106 peserta,” kata Ketua Panitia Turnamen Catur Andika.

Dia menerangkan, antusiasme peserta cukup tinggi. Hal itu dilihat dari membludaknya peserta saat mendaftar. Meski sudah ditutup, peserta masih nekat untuk datang dan mendaftar di lokasi.

Lebih lanjut, turnamen ini tak hanya dikhususkan untuk atlet catur maupun peserta dari Jember saja. tetapi juga dibuka untuk umum luar daerah. “Yang penting peserta masih dari Jatim,” terangnya.

Dia menambahkan, event seperti ini rutin digelar. Tujuannya untuk menjaring bibit-bibit atlet catur yang baru. Sehingga regenerasi dan pembinaan dapat terus dilakukan. “Ini juga bagian dari mempersiapkan kejuaraan berjenjang selanjutnya,” tambah lelaki yang menjabat sebagai Dewan Percasi Jember.

Sementara itu, Ketua Percasi Jember Sukarsih menjelaskan, turnamen rutin ini digelar untuk mengetahui kemampuan atlet catur. Terutama atlet yang masuk dalam tim Percasi Jember. Sehingga latih tanding dan try out seperti ini terus dilakukan untuk peningkatan prestasi.

“Untuk menjadi atlet prestasi itu tidak mudah. Butuh pembinaan yang konsisten dan juga dana yang tidak sedikit. Kami terus berupaya agar atlet catur Jember terus terwadahi. Sehingga perlu jalin kerja sama dengan stakeholder lainnya,” jelasnya

Dia berharap, olahraga, khususnya olahraga prestasi lebih diperhatikan. Sebab, selama ini, banyak event olahraga yang digelar secara mandiri.

“Harapannya jika ada APBD untuk cabor, bisa diprioritaskan pada dana pembinaan atlet. Sehingga langsung berdampak pada prestasi atlet,” pungkasnya. (kin)

Bagikan ke:

Berita Terkait