Sabtu, 19 Oktober 2024

:
:
Bercerita lewat Tari, Jawa Pos Radar Jember Gelar Modern Dance Competition 2024
Seni & Budaya
Bercerita lewat Tari, Jawa Pos Radar Jember Gelar Modern Dance Competition 2024

JEMBER, Radarjember.net - Gerakan penuh ekspresi dan power yang ritmis mengikuti irama musik ditampilkan dengan apik di hadapan penonton dan juri, Minggu (13/10). Di sela Jember Basketball League (JBL) 2024 Radar Jember, modern dance competition juga digelar di GOR PKPSO. Sebanyak empat tim dari SMP dan SMA di Jember ikut berpartisipasi. Yakni SMPN 3 Jember, SMAN 5 Jember, SMAN 4, SMAN Arjasa, dan SMAN 5 Jember.

Dance competition ini digelar di antara break pertandingan JBL pada malam hari. Mereka tampil bergantian sejak Senin (7/10) hingga Kamis (10/10). Sehingga selama lima hari itu ada satu penampilan sekolah. Penampilan ini tidak dinilai secara langsung oleh juri. Melainkan penilaian melalui video rekaman penampilan.

Puncaknya, setiap tim tampil pada babak final JBL 2024 Radar Jember, Minggu (13/10) malam. Sesuai urutan sekolah, mereka tampil memukau di hadapan penonton dan tiga juri yang melihat dan menilai langsung di GOR PKPSO. Terdapat tiga juri pada puncak Dance Competition. Dua juri internal dan satu juri dari tim dancer penyanyi Tiara Andini, Alfian R Putra.

Empat peserta itu tampil bagus. Mengusung konsep dan tema yang berbeda-beda, tampilan modern dance tersaji. Ada sejumlah kriteria penilaian. Mulai dari koreografi, ekspresi, kreativitas, power, hingga showmanship. Alfian, tim dancer Tiara Andini pun kagum dengan kemampuan masing-masing tim dance.

Menurutnya, beragam penilaian itu penting. Sebab itu menunjukkan skill individu dan tim dancer. Salah satunya tentang kreativitas. “Part kreativitas itu memang penting karena itu tidak mudah. Harus bercerita lewat tarian. Itu susah apalagi dalam tari modern,” kata Alfian.

Meski demikian, dia mengapresiasi semangat dan perjuangan setiap tim dance. Sebab ketepatan gerakan ritmik hingga keselarasan memiliki makna tersendiri. Alfian berharap, para dancer yang tampil ini bisa menjadi dancer masa yang membanggakan Jember di masa mendatang.

Sebagai informasi, juara modern dance competition 2024 adalah SMAN 4 Jember. Sementara runner up diraih oleh SMAN 5 Jember. (kin)

Bagikan ke:

Berita Terkait